Pelestarian Ex Situ dan In Situ Serta Co「Baccarat experience」ntoh

  • 时间:
  • 浏览:0

Komodo di Taman Nasional Komodo

Contohnya adalah pelestarian komodo di Taman Safari Indonesia yang telah berhasil mengembangbiakan dan menetaskan telur komodo.

Pada pelestarian in situ, hewan dan tumbuhan dilestarikan dengan cara menjaga habitat tinggalnya. Misalnya pelestarian kadal terbesar komodo, tempat tinggal komodo yaitu Pulau Komodo dibuat sebagai taman nasional yang dilindungi.

Dilansir dari Biodiversity A-Z, pelestarian in situ adalah pelestarian keanekaragaman hayati di wilayah asalnya ditemukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Dilansir dari Science Direct, pelestarian ex situ adalah pelestarian keanekaragaman hayati di luar habitat aslinya.

Dilansir dari

Pada pelestarian ex situ, hewan atau tumbuhan yang akan dilestarikan dibawa keluar dari habitatnya dan dimasukkan ke dalam habitat baru yang lebih terkontrol.

Pada bank DNA dan bank gen lainnya, spesies dibekukan secara kriogenik agar gen tidak mengalami kerusakan.

Baca juga: Hewan Langka dan Terancam Punah di Indonesia

Contoh lainnya, penyu raksasa Yangtze yang nyaris punah dan kini tiga spesies yang tersisa dirawat di kebun binatang Suzhou, China.

Contoh dari pelestarian ex situ adalah kebun binatang, kebun raya, bank DNA, bank benih, kebun botani, akuarium, dan taman safari.

Tidak seperti pelestarian in situ yang melestarikan komodo di wilayah aslinya, pelestarian ex situ membawa komodo keluar dari wilayah aslinya ke wilayah baru yang dibuat mirip dengan wilayah aslinya.

Bentuk pelestarian in situ adalah cagar alam, suaka margasatwa, taman nasional, dan hutan lindung. Selain Taman Nasional Komodo ada juga Taman Nasional Bunaken, Hutan Lindung Sungai Wain Kalimantan, Taman Nasional Way Kambas, dan Cagar Alam Maninjau.

KOMPAS.com - Pelestarian hewan dan tumbuhan sangat penting bagi kehidupan. Pelestarian bisa dilakukan dengan cari in situ atau ex situ. Tahukah kamu maksudnya?

, Taman Nasional Komodo melindungi 5.700 komodo, 7 spesies mamalia darat, tikus endemik, 72 spesies burung, beragam terumbu karang, 10 spesies lumba-lumba, 5 spesies penyu, dan juga dugong.