Pasar Jamu dan Olahan Tan「Online gambling platform」aman Obat Indonesia Terkendala Data Empiris

  • 时间:
  • 浏览:0

SituOnline gambling platformonline gaOnline gambling platformmbling platformasi paOnline gambling platformndemi COVID-19 di Indonesia, Online gambling platformkata Reri, membuka peluang pasar yang cukup besar bagi tanaman obat dan ramuan jamu tradisional untuk pasar domestik dan mancanegara.

Namun, setelah ditelusuri ternyata tidak ada data empiris untuk mendukung klaim manfaat ramuan atau olahan tanaman obat.

Kayu Bajakah yang dijual Jhon di jalan Pramuka, Banjarmasin, Kamis (22/8/2019).

"Kami kadang-kadang dilematis juga di BPOM, ada UMKM yang mendaftarkan produknya dengan klaim misalnya memelihara kesehatan pencernaan," jelas Reri dikutip dari berita Antaranews.com Rabu (8/9/2021).

Berdasarkan laporan riset terakhir Kementerian Kesehatan RI pada 2017, terdapat 32.000 ramuan pengobatan tradisional yang didukung dengan 2.848 spesies tumbuhan yang sudah teridentifikasi sebagai tumbuhan bahan obat tradisional.

"Padahal di wilayah tertentu ramuan itu sudah sangat dikenal dan digunakan serta dipercaya oleh masyarakat," katanya.

Baca juga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ia mengatakan beberapa produk herbal yang sudah terdaftar di BPOM dengan klaim untuk memelihara kesehatan atau imun tubuh itu terjual dan sampai kosong di pasaran.

Namun sayangnya menurut Reri peluang pasar jamu dan olahan tanman herbal dari Indonesia ini lemah dalam hal dokumentasi dan pembuktian secara empiris.

"Kita harus memanfaatkan momentum pada saat ini bahwa masyarakat sedang tren back to nature (kembali ke alam)," jelasnya.

KOMPAS.com - Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM RI Reri Indriani menyebutkan Indonesia kaya akan tanaman obat dan ramuan jamu.